08
Dec
2022

MANOKWARI – STIH Caritas Papua dan STIE Mah-Eisa Manokwari menggelar kuliah umum, Rabu (07/12/2022) dengan menghadirkan putri Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin, Dr. Siti Nur Azizah Ma’ruf sebagai pembicara. Kuliah umum itu mengangkat tema “Upaya Deteksi dan Respon Dini Konflik Sosial Keagamaaan di Indonesia”.

Ketua STIH Caritas Papua, Roberth KR. Hammar, mengatakan tema itu diangkat karena Indonesia adalah negara bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, ras, dan golongan. Dengan keragaman itu, maka rasa persatuan dan kesatuan harus terus dipupuk.

“Berbagai kebhinekaan itu merupakan sebuah kekayaan luar biasa, tapi ketika kita salah mengelola kekayaan itu maka akan kembali menjadi ancaman bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Hammar juga membeberkan perkembangan kampus STIH Caritas Papua dan STIE Mah-Eisa Manokwari. Menurutnya, saat mahasiswa aktif STIE Mah-Eisa berjumlah 700-an orang dan STIH Caritas Papua sebanyak 400 orang.

Saat ini, lanjutnya, ada 11 orang dosen STIE Mah-Eisa dan 8 orang dosen dari STIH Caritas Papua sedang menyelesaikan pendidikan S-3.

“Hal itu sebagai bentuk komitmen kampus ini menjadi sebagai kampus unggul di Tanah Papua tahun 2025,” tukasnya.

Leave a Reply